Laporan Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) tahap I di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji




BAB I
PENDAHULUAN

1.        Deskripsi Umum
            Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) tahap I adalah tahapan kedua dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan yang dilaksanakan pada semester kelima. Sebagai tahap lanjutan dari PLP I, PLP II tahap I dimaksudkan untuk memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi melalui berbagai bentuk aktivitas di sekolah, khususnya yang berkaitan dengan administrasi pembelajaran. Program PLP II tahap I adalah sebagai bentuk pelaksanaan mata kuliah Praktik Pengalaman Administrasi Pembelajaran. Setelah PLP II tahap I, kegiatan akan dilanjutkan dengan Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) tahap II pada semester yang lebih tinggi.

2.        Tujuan Melaksanakan Program PLP II
             Setelah mengikuti kegiatan PLP II tahap I para mahasiswa diharapkan dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui kegiatan sebagai berikut:
1.     Menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru;
2.     Menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru;
3.     Menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru;
4.    Menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran;

3.        Ruang Lingkup Pengamatan
                      Ruang lingkup PLP II tahap I meliputi penelaahan perangkat pembelajaran sesuai dengan bidang studi Pendidikan Agama Islam.
BAB II
ISI (Hasil Pengamatan)
A.       Deskripsi hasil telaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang   digunakan guru.
Hasil telaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji masih menggunakan Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang telah ditetapkan oleh pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah (DISDAKMEN) yang mana terdapat beberapa perangkat pembelajaran di Muhammadiyah 1 Rambipuji  seperti Silabus, RPP, RPE, PROTA, PROSEM, dan Kalender Akademik.adapun penjelasannya sebagai sebagai berikut :
1.    Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)
     Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) merupakan salah satu unsur yang bisa memberikan kontribusi yang signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji.
2.    Silabus
     Silabus Merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/ bahan/ alat belajar.
3.    Prota ( Program tahunan )
      Program tahunan merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.




4.              Prosem (Program Semester)
   Program Semester merupakan satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.

5.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.
6.                  Rencana Pekan Efektif (RPE)
Rencana Pekan Efektif (RPE) adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung . pendistribusian jumlah pekan efektif kedalam kegiatan-kegiatan pembelajaran selama semester berjalan. Komponen dalam distribusi alokasi waktu mencakup kegiatan Tatap muka, Ulangan harian, UTS, UAS, Remidi
7.             Kalender Akademik
    Kalender Akademik adalah jadwal penyelenggaraan kegiatan akademik selama jangka waktu setahun. Satu tahun akademik dibagi menjadi tiga semester antara lain semester gasal, semester genap, dan semester khusus.


B.                      Deskripsi hasil telaah strategi pembelajaran yang digunakan guru.
Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya pembelajaran dapat dikuasainya pada akhir kegiatan mengajar.
Pada hasil telaah strategi pembelajaran yang digunakan guru di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji meliputi beberapa tahap diantaranya Ceramah, diskusi, dan tanya jawab.pada awal kegiatan pembelajaran seorang pendidik menyampaikan materi yang telah disiapkan kepada peserta didik inilah yang disebut dengan cara ceramah. Kemudian setelah ceramah(penyampaian materi), pendidik melakukan diskusi dengan peserta didik dengan tujuan supaya bisa mengarahkan peserta didik terhadap apa yang telah disampaikan, setelah itu pendidik memberikan waktu kepada peserta didik untuk bertanya dari apa yang belum dimengerti.dari semua itu pada aspek ceramah yang mendominasi pada kegiatan pembelajaran karena alokasi waktu yang terkadang tidak efektif untuk digunakan diskusi dan tanya jawab.

C.                     Deskripsi hasil telaah sistem evaluasi yang digunakan guru.
         Tujuan evaluasi adalah dalam rangka memperbaiki hal hal yang belum rampung selama pembelajaran dan hasil telaah sistem evaluasi yang digunakan guru di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji sejauh dilaksanakan setelah ujian siswa, apabila siswa belum memenuhi nilai KKM (Kriteria Minimal )maka akan dilakukan penugasan atau remdial dengan tujuan agar nilai siswa dapat terangkat dari penugasan atau remdial tersebut dan juga pendidik tidak hanya mengambil nilai akademiknya saja namun aspek akhlaq sehari hari ketika dikelas dapat menunjang kesuksesan siswa.




D.      Deskripsi hasil telaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.

                        Teknologi informasi dan komunikasi merupakan media pemebelajaran yang dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami apa yang disamapaikan oleh pendidik ketika proses kegiatan belajar mengajar dikelas.
        hasil telaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diterapkan di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji menggunkan proyektor sebagai alat bantu siswa dalam belajar. Momen ini pengamat temui ketika pembelajaran Bahasa arab yang bertempat dimesjid pada hari Senin pada jam ke 6.












BAB III
PENUTUP
A.                 Kesimpulan

          Dari hasil pengamatan dan telaah kurikulum serta strategi mengajar pendidik pada Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) tahap I yang berlokasi di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji ini memberikan efek yang sangat baik, karena dengan dilakukan pengamatan tersebut banyak pengamatan dan pengetahuan seputar tentang srategi-strategi dalam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang guru mulai dari pembuatan RPP, Silabus, dan bahar ajar yang digunakan sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan sesuai dengan apa yang direnacakan oleh guru melalui RPP.

B.               Rekomendasi

           Setelah Satu pekan berada di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji, sekolah merekomendasikan kepada pengamat untuk melakukan pengamatan di sekolah ini diantaranya mengikuti kegiatan upacara, solat berjama’ah, ceramah agama yang dilakasanakan setiap sebelum solat fardlu, memasuki ruang kelas ketika pengmatan berlangsung dan berdiskusi dengan guru pamong.

          Terima Kasih kami ucapkan selaku pengamat kepada Kepala sekolah berserta staf - stafnya yang sudah membantu kami dalam proses pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) tahap I Selama sepekan ini.      




 LAMPIRAN-LAMPIRAN
a.      Lembar pengamatan
1.      Hasil telaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru

...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.      Hasil telaah strategi pembelajaran yang digunakan guru

...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Hasil telaah sistem evaluasi yang digunakan guru

...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4.      Hasil telaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran

...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


a.      Foto kegiatan pengamatan
IMG-20180206-WA0006  SIMG-20180205-WA0028
DOK 1. Upacara Bendera                                     DOK 2. Kegiatan belajar mengajar


IMG-20180205-WA0038   IMG-20180206-WA0010
DOK 3. Wawancara dengan Guru Pamong sesi 1       DOK 4. Wawancara dengan Guru Pamong sesi 2


IMG-20180205-WA0034   IMG-20180205-WA0022
Dok.5. Kegiatan Belajar Mengajar           Dok.5. kerja dikantor lab.

0IMG-20180205-WA0033
Dok. 6. Foto bersama di kelas pasca KBM




b.      Dokumen terkait


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PROPOSAL BIMBEL BAHASA ARAB

PESANTREN SABTU-AHAD AL-FANANI