Laporan Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) tahap I di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Deskripsi Umum
Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) tahap I adalah tahapan
kedua dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan yang
dilaksanakan pada semester kelima. Sebagai tahap lanjutan dari PLP I, PLP II
tahap I dimaksudkan untuk memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan
bidang studi melalui berbagai bentuk aktivitas di sekolah, khususnya yang
berkaitan dengan administrasi pembelajaran. Program PLP II tahap I adalah
sebagai bentuk pelaksanaan mata kuliah Praktik Pengalaman Administrasi
Pembelajaran. Setelah PLP II tahap I, kegiatan akan dilanjutkan dengan
Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) tahap II pada semester yang lebih
tinggi.
2.
Tujuan
Melaksanakan Program PLP II
Setelah mengikuti kegiatan PLP II tahap I para mahasiswa diharapkan
dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang
disertai dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi
melalui kegiatan sebagai berikut:
1.
Menelaah kurikulum dan perangkat
pembelajaran yang digunakan guru;
2.
Menelaah strategi pembelajaran yang
digunakan guru;
3.
Menelaah sistem evaluasi yang
digunakan guru;
4.
Menelaah pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi dalam pembelajaran;
3.
Ruang Lingkup
Pengamatan
Ruang lingkup PLP II tahap I
meliputi penelaahan perangkat pembelajaran sesuai dengan bidang studi
Pendidikan Agama Islam.
BAB II
ISI (Hasil Pengamatan)
A.
Deskripsi hasil
telaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru.
Hasil telaah kurikulum dan perangkat
pembelajaran yang digunakan guru di SMA Muhammadiyah 1
Rambipuji masih
menggunakan Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang telah ditetapkan
oleh pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah (DISDAKMEN) yang mana terdapat
beberapa perangkat pembelajaran di Muhammadiyah 1
Rambipuji seperti Silabus, RPP, RPE, PROTA, PROSEM, dan
Kalender Akademik.adapun penjelasannya sebagai sebagai berikut :
1.
Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)
Kurikulum
tingkat satuan pendidikan (KTSP) merupakan salah satu unsur yang bisa
memberikan kontribusi yang signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya
kualitas potensi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan di SMA Muhammadiyah
1 Rambipuji.
2. Silabus
Silabus
Merupakan rencana pembelajaran
pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar
kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/ bahan/ alat belajar.
3. Prota
( Program tahunan )
Program tahunan merupakan
rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD)
yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh
kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.
Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan
struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh
siswa.
4.
Prosem (Program Semester)
Program Semester merupakan satuan waktu yang digunakan untuk
penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk
penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester
itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian
semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.
5.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini
dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional
yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan
pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai
persamaan. Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan
yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus
terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan
kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.
6.
Rencana Pekan
Efektif (RPE)
Rencana Pekan Efektif (RPE) adalah hitungan
hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran
berlangsung . pendistribusian jumlah pekan efektif kedalam
kegiatan-kegiatan pembelajaran selama semester berjalan. Komponen dalam distribusi
alokasi waktu mencakup kegiatan Tatap muka, Ulangan harian, UTS, UAS, Remidi
7.
Kalender
Akademik
Kalender
Akademik adalah jadwal penyelenggaraan kegiatan akademik selama jangka waktu
setahun. Satu tahun akademik dibagi menjadi tiga semester antara lain semester
gasal, semester genap, dan semester khusus.
B.
Deskripsi hasil
telaah strategi pembelajaran yang digunakan guru.
Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang
akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran
yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi
pembelajaran, yang pada akhirnya pembelajaran dapat dikuasainya pada akhir
kegiatan mengajar.
Pada hasil telaah strategi pembelajaran yang digunakan guru di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji meliputi beberapa tahap diantaranya Ceramah, diskusi, dan tanya jawab.pada
awal kegiatan pembelajaran seorang pendidik menyampaikan materi yang telah
disiapkan kepada peserta didik inilah yang disebut dengan cara ceramah.
Kemudian setelah ceramah(penyampaian materi), pendidik melakukan diskusi dengan
peserta didik dengan tujuan supaya bisa mengarahkan peserta didik terhadap apa
yang telah disampaikan, setelah itu pendidik memberikan waktu kepada peserta
didik untuk bertanya dari apa yang belum dimengerti.dari semua itu pada aspek
ceramah yang mendominasi pada kegiatan pembelajaran karena alokasi waktu yang
terkadang tidak efektif untuk digunakan diskusi dan tanya jawab.
C.
Deskripsi hasil
telaah sistem evaluasi yang digunakan guru.
Tujuan evaluasi adalah dalam rangka
memperbaiki hal hal yang belum rampung selama pembelajaran dan hasil telaah sistem evaluasi
yang digunakan guru di SMA
Muhammadiyah 1 Rambipuji sejauh dilaksanakan setelah ujian siswa, apabila siswa
belum memenuhi nilai KKM (Kriteria Minimal )maka akan dilakukan penugasan atau
remdial dengan tujuan agar nilai siswa dapat terangkat dari penugasan atau
remdial tersebut dan juga pendidik tidak hanya mengambil nilai akademiknya saja
namun aspek akhlaq sehari hari ketika dikelas dapat menunjang kesuksesan siswa.
D.
Deskripsi hasil
telaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
Teknologi informasi dan komunikasi merupakan media pemebelajaran
yang dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami apa yang disamapaikan oleh
pendidik ketika proses kegiatan belajar mengajar dikelas.
hasil telaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam
pembelajaran yang diterapkan di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji menggunkan proyektor
sebagai alat bantu siswa dalam belajar. Momen ini pengamat temui ketika
pembelajaran Bahasa arab yang bertempat dimesjid pada hari Senin pada jam ke 6.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari hasil pengamatan dan telaah kurikulum serta strategi mengajar
pendidik pada Pengenalan Lapangan Persekolahan II
(PLP II) tahap I yang berlokasi
di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji ini memberikan efek yang sangat baik, karena
dengan dilakukan pengamatan tersebut banyak pengamatan dan pengetahuan seputar
tentang srategi-strategi dalam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh
seorang guru mulai dari pembuatan RPP, Silabus, dan bahar ajar yang digunakan
sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan sesuai dengan apa yang
direnacakan oleh guru melalui RPP.
B.
Rekomendasi
Setelah Satu pekan berada di SMA
Muhammadiyah 1 Rambipuji, sekolah merekomendasikan kepada pengamat untuk melakukan pengamatan di
sekolah ini diantaranya mengikuti kegiatan upacara, solat berjama’ah, ceramah
agama yang dilakasanakan setiap sebelum solat fardlu, memasuki ruang kelas
ketika pengmatan berlangsung dan berdiskusi dengan guru pamong.
Terima Kasih kami ucapkan selaku pengamat kepada Kepala sekolah berserta
staf - stafnya yang sudah membantu kami dalam proses pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) tahap I Selama sepekan ini.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
a.
Lembar pengamatan
1.
Hasil telaah
kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
|
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
2.
Hasil telaah
strategi pembelajaran yang digunakan guru
|
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
3.
Hasil telaah
sistem evaluasi yang digunakan guru
|
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
4.
Hasil telaah
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
|
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
a.
Foto kegiatan pengamatan
S
DOK 1. Upacara Bendera DOK 2.
Kegiatan belajar mengajar
DOK 3. Wawancara dengan Guru
Pamong sesi 1 DOK 4. Wawancara
dengan Guru Pamong sesi 2
Dok.5. Kegiatan Belajar
Mengajar Dok.5. kerja dikantor
lab.
0
Dok. 6. Foto bersama di kelas pasca KBM
b.
Dokumen terkait
Komentar
Posting Komentar